Sistem Administrasi Warga Terpadu Berbasis Cloud

Zona Warga hadir memberikan solusi terbaik untuk membantu pengurus RT/RW dalam melakukan pelayanan administrasi kependudukan di wilayahnya masing-masing.

Di era digitalisasi saat ini, peran sistem atau aplikasi sangat penting, terutama dalam bidang pelayanan publik. Kecepatan pelayanan dan akurasi data sangat dibutuhkan untuk melayani warga masyarakat. Selain itu manajemen pendataan warga di sebuah wilayah menjadi lebih baik dan tertib, sehingga daerah atau wilayah tersebut dapat berkembang menuju ke arah yang lebih baik.

Sebagai contoh, dalam lingkup wilayah administrasi RT (Rukun Tetangga) yang terdiri dari beberapa KK (Kepala Keluarga), biasanya terdapat iuran swadaya untuk pemeliharaan dan pengembangan lingkungan. Penarikan iuran umumnya dilakukan oleh pengurus RT dalam periode waktu tertentu yang besaran iurannya bersifat wajib maupun sukarela. Iuran warga ini akan digunakan untuk berbagai macam keperluan (misalnya : iuran kebersihan, keamanan, pemeliharaan lingkungan, dll). Sebagai perangkat pengurus yang telah ditunjuk oleh warga, maka akan bertanggung jawab terhadap dana iuran yang telah dikumpulkan dengan cara membuat rincian penggunaan dana iuran (laporan keuangan). Dengan adanya pertanggung jawaban dalam bentuk laporan keuangan, maka keuangan menjadi lebih terbuka, transparan, dan akuntable.

Contoh lainnya dalam hal data kependudukan, sudah bukan rahasia lagi jika pengurus wilayah (RT/RW) sampai detik ini masih terkendala data kependudukan di wilayahnya masing-masing. Ketidak akuratan data penduduk yang tinggal di sebuah wilayah tersebut menjadi masalah tersendiri. Banyak pengurus di berbagai wilayah yang tidak mengetahui dengan pasti kondisi dan jumlah warga yang tinggal di wilayahnya.

Kita masih ingat tentunya, beberapa waktu lalu saat negara kita menjadi salah satu negara yang terserang pandemi virus covid-19. Saat itu terdapat bantuan langsung dari pemerintah untuk membantu warga masyarakat yang terdampak secara ekonomi. Peran pengurus wilayah (RT/RW) saat kondisi wabah seperti itu sangatlah penting, dalam penyaluran atau distribusi bantuan pemerintah langsung ke warga masyarakat kurang mampu, karena pengurus wilayah (RT/RW) dianggap yang paling mengetahui kondisi masyarakatnya. Namun yang terjadi dilapangan tentunya kita semua mengetahuinya, bahwa distribusi bantuan tersebut banyak yang tidak tepat sasaran. Salah satu penyebabnya adalah ketidak akuratan data kependudukan (termasuk data kondisi warga tersebut secara kemampuan ekonominya).

Selain contoh masalah-masalah diatas, masih terdapat banyak sekali masalah lain yang perlu kita cari solusinya. Untuk itu kami (Zona Warga) hadir memberikan solusi terbaik untuk membantu aparat pemerintah di wilayahnya masing-masing (dalam hal ini adalah pengurus RT/RW) dalam melakukan pelayanan administrasi kependudukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *